Menjadi Lebih Baik

Kawanan Pencurian Sepeda Motor diringkus Reskrim Polsek Bulukumpa

Kawanan Pencurian Sepeda Motor diringkus Reskrim Polsek Bulukumpa
Kawanan Pencurian Sepeda Motor diringkus Reskrim Polsek Bulukumpa

Sixpli.com  — Satuan Reserse Kriminal Polsek Bulukumba berhasil menangkap pelaku pencurian sepeda motor yang menimpa warga Bulukumpa.

Mereka ditangkap dalam beberapa tempat di wilayah hukum Polsek Bulukumpa, Jum’at, 7 Juli 2023 malam setelah anggota unit Reskrim melakukan pengejaran secara intensif dalam satu bulan terakhir.

Kapolsek Bulukumpa IPTU Abdul Rahman Mubin melalui Kanit Reskrim AIPTU Ansar Jalil menjelaskan penangkapan para pelaku setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat terkait maraknya kasus pencurian yang hampir setiap hari terjadi di wilayah hukum Polsek Bulukumpa.

Selain pengejaran, Unit Reskrim Polsek Bulukumpa juga berhasil mengungkap barang bukti berupa 3 unit sepeda motor tanpa surat-surat berbagai jenis serta handphone 7 unit dan berbagai barang jualan warga.

” Kerja kawanan curanmor ini secara berantai, ada yang berperan sebagai eksekutor dan ada yang membawa lari dan yang lainnya berperan untuk membongkar bodi sepeda motor yang telah mereka curi,” ucap AIPTU Ansar Jalil , Sabtu, 8 Juli 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pencurian berawal dari Laporan Polisi atau LP kasus pencurian di Polsek Bulukumpa pada tanggal 7 Juli 2023 dengan TKP di jalan Nenas Lingkungan Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

BACA JUGA : PSM Kalah, Taufan Pawwe Sampaikan Cambuk Melakukan Evaluasi

Korban atas nama Andi Hasmawati, yang melaporkan kejadian pencurian sepeda motor Yamaha Matic jenis Mio J yang sedang di parkir di dalam rumah korban.

” Salah seorang pelaku masuk melalui jendela rumah yang dicungkil menggunakan obeng, kemudian masuk pelaku lainnya yang berperan sebagai eksekutor dengan membawa lari sepeda motor, yang lain mengawasi keadaan sekitar TKP,” kata Kanit Reskrim.

Selain mencuri sepeda motor, ke empat pelaku juga membawa lari 7 buah smartphone berbagai merk dan berbagai barang jualan milik korban.

Adapun identitas para pelaku yakni DA (18) warga Kampung Sabberaga, AL alias Bule (18) warga Kelurahan Tanete, kemudian MAL (22) warga Kelurahan Tanete dan MAB (18) warga Kelurahan Ballasaraja.

AL diketahui sebagai eksekutor diberbagai lokasi kejadian sekaligus menjadi pimpinan dari kawanan pencuri tersebut.

” Dalam menjalankan berbagai aksi pencurian di beberapa TKP, kawanan yang di pimpin AL ini menggunakan mobil rental,” ujar AIPTU Ansar Jalil.

Kawanan pencuri ini juga pernah menjual sebuah sepeda motor seharga Rp 1 Juta untuk membayar sewa mobil rental.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik Reskrim Polsek Bulukumpa, ke empat kawanan ini mengaku telah beraksi di beberapa tempat di wilayah Kecamatan Bulukumpa.

BACA JUGA : Kasus Pencurian di Lab. Teknik Industri UIM Belum Tuntas

Atas perbuatannya, kawanan pencuri motor itu ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman minimal 7 tahun penjara.

Terkait barang bukti yang berhasil diamankan, Kanit Reskrim Polsek Bulukumpa meminta kepada masyarakat yang merasa pernah kehilangan kendaraan untuk melihat dan memeriksa kendaraan yang saat ini diamankan di Mapolsek Bulukumpa.

Jika bisa dibuktikan dengan alat surat atau keterangan terkait kepemilikan, kepolisian akan menyerahkan kendaraan itu sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Tetapi jika tidak, motor curian akan disita negara sebagai barang bukti tindak kejahatan.

“Kepada masyarakat, juga kami himbau untuk lebih berhati-hati dan jangan lupa gunakan kunci pengaman tambahan,” imbau Kanit Reskrim AIPTU Ansar Jalil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *